Eks TNI Disergap Satgas Nemangkawi, Ini Kejahatannya

Kamis 02-09-2021,18:15 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, JAKARTA — Satuan Tugas Operasi Nemangkawi menangkap Ananias Yalak alias Senat Soll di Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo pada Kamis (02/09/2021) pukul 05.30 WIT.

Eks anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena membelot dan menjadi pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Kepala Satuan Tugas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi Kombes Pol Faisal Ramdhani mengatakan jelang PON XX di Papua, pihaknya melakukan sweeping sekaligus memburu para DPO bersenjata. Dan yang ditangkap saat ini adalah Senat Soll.

”Kali ini satgas berhasil menangkap DPO tiga laporan polisi atas nama Ananias Yalak Alias Senat Soll di Jalan Samaru Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo pada Kamis, 2 September 2021 pukul 05.30 WIT,” katanya dikutip dari laman resmi Polri, Kamis (02/09/2021).

Dia menjelaskan Senat Soll merupakan DPO atas berbagai kejahatan yang telah dilakukannya. Dia membeberkan kejahatan tersebut Senat Soll.

1. Laporan Polisi Nomor: LP/55/XII/2019/Papua/Res Yahukimo tanggal 01 Desember 2019 tentang Pembakaran ATM Bank BRI Cab. Dekai-Yahukimo.

2. Laporan Polisi Nomor: LP/38/VII/2020/Papua/Res Yahukimo tanggal 11 Agustus 2020 tentang pembunuhan terhadap Staf KPU-Dekai Hendry Jovinsky di jembatan kali Teh-Dekai.

3. Laporan Polisi Nomor: LP/39/VII/2020/Papua/Res Yahukimo tanggal 20 Agustus 2020 tentang pembunuhan terhadap masyarakat (swasta) Muhammad Toyib di Jalan Bandara Dekai.

Diceritakan Faisal, penangkap Senat Soll berawal pada pukul 03.46 WIT, Satgas Nemangkawi dan personel Polres Yahukimo yang dipimpin Kapolres Yahukimo bergerak menuju lokasi Sasaran di Jalan Samaru distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.

Pada pukul 05.28 WIT, tim tiba di lokasi. Sasaran selanjutnya melakukan penggerebekan di sebuah rumah dan langsung melakukan penangkapan terhadap Ananias Yalak alias Senat Soll.

Lima orang lainnya dari dalam rumah tersebut turut diamankan. Mereka adalah Pilas Matuan, Apius Tabla, Mekison, Sapuk Asso dan Abert Matuan.

Pukul 05.45 WIT, tim bergerak dari lokasi tempat kejadian perkara (TKP) menuju RSUD Dekai guna melakukan pemeriksaan medis karena Ananias tertembak pada kaki sebelah kiri dan kanan karena melawan dan hendak melarikan diri pada saat ditangkap.

Senat Soll lahir di Yahukimo tanggal 23 Juli 1996 (umur 25 tahun). Jenis kelamin laki-laki. Agama Kristen Protestan. Pekerjaan eks TNI. Warga negara Indonesia. Suku Kimyal (Yahukimo). Alamat Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.

Sesuai catatan Kepolisian, Ananias Yalak terlibat dalam perkara:

1. Tanpa hak menguasai/membawa amunisi
    Senat Soll saat masih sebagai anggota TNI menyerahkan 155 butir amunisi 
    kepada Ruben Wakla. Pada Senin, 10 September 2018, sekitar pukul 10.06 
    WIT, Ruben Wakla masuk ke ruang pemeriksaan x-ray dan hendak 
    berangkat  ke Dekai-Yahukimo. Ruben Wakla divonis 2 tahun 6 bulan 
    (sekarang bebas).

2. Pembakaran ATM Bank BRI cab Dekai Yahukimo
    Pada Minggu 30 November 2019 telah terjadi pembakaran terhadap kantor 
    Bank BRI Dekai dan setelah dilakukan penyelidikan pelaku adalah Senat 
    Soll  bersama Ariel Sonyap alias Koroway (vonis 3 tahun).

Tags :
Kategori :

Terkait