Selamat, Pemain Indonesia Pertama Berlaga di Liga Jepang

Minggu 29-08-2021,00:15 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, JAKARTA — Teka-teki perlabuhan pebasket Indonesia Brandon Jawato akhirnya terjawab. Pada Juli 2021, ia sempat membocorkan sedang menandatangani kontrak dengan sebuah tim di luar Indonesia.

Ternyata, pemain berdarah Indonesia-Amerika Serikat itu bergabung dengan Utsunomiya Brex di kompetisi B.League Jepang. Jawato meneken kontrak berdurasi satu tahun.

Brex merupakan salah satu tim divisi pertama di liga basket Jepang. Mereka tergabung dalam tim wilayah timur dan bermarkas di Utsunomiya, Prefektur Tochigi.

Musim lalu mereka menempati runner-up pada babak reguler wilayah timur. Sayang, kompetisi dihentikan karena pandemi Covid-19. Brex tercatat menjadi juara musim perdana B.League pada 2016—2017.

Nah, kemarin Jawato resmi diperkenalkan sebagai pemain untuk musim 2021-2022. Dia memakai nomor punggung 3. Rencananya, tip off B.League musim 2021-2022 dimulai pada 30 September mendatang.

Jawato pun tercatat sebagai pemain Indonesia pertama yang berlaga di liga basket Jepang. Dia juga menjadi pemain pertama Brex yang terdaftar di Asian Special Slot.

”Saya berharap apa yang saya lakukan ini bisa menginspirasi banyak orang untuk lebih percaya diri dengan kemampuannya dan bisa meraih mimpi-mimpinya,” kata Jawato.

Sebelumnya, Jawato pernah membela CLS Knight Surabaya dan membawa tim tersebut menjuarai ABL 2018-2019. Pada 2020, dia resmi menjadi WNI dan memperkuat timnas basket pada kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. (jpg)
Tags :
Kategori :

Terkait