Pemerintah Minta Masyarakat Unduh Aplikasi PeduliLindungi, Sudah 28 Juta Orang Pakai dan Ini Dia Manfaatnya

Selasa 24-08-2021,14:44 WIB
Reporter : radi

Radartasik.com, JAKARTA - Pemerintah meminta masyarakat untuk mengunduh aplikasi Peduli Lindungi. Mengingat lewat aplikasi tersebut akan membantu mempermudah sejumlah aktifitas masyarakat di kala pandemi.

Saat ini, setidaknya ada enam sektor yang menjadi fokus pemanfaatan aplikasi Peduli Lindungi.. Yaitu, perdagangan, transportasi, pariwisata, kantor/pabrik, keagamaan dan pendidikan.

Sebagai contoh, dari penggunaan aplikasi PeduliLindungi (PL) ini dalam penerapan protokol kesehatan di pusat perlambangan/mal. Dimana pengunjung wajib check in dengan aplikasi PL, diperiksa suhu tubuh di pintu masuk, serta mendapatkan barcode sesuai riwayat vaksinasi dan test COVID-19.

Barcode hijau untuk pengunjung yang sudah vaksin (minimal dosis pertama), bukan kasus COVId-19, dan bukan kontak erat. Mereka diizinkan masuk mal dengan standar prokes hijau.

Barcode kuning untuk pengunjung yang belum vaksin, bukan kasus COVID-19, dan bukan kontak erat. Mereka juga diperbolehkan masuk mal, namun dengan standar prokes kuning.

Terakhir, pengunjung dengan barcode merah yang tidak diizinkan masuk mal, pengunjung yang memiliki kasus COVID-19 dan kontak erat.

“Dinas Kesehatan akan melakukan pemeriksaan acak kepatuhan prokes dan mengambil tindakan bila terjadi pelanggaran prokes dan/atau peningkatan kasus,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate, dikutip, Selasa (24/08/2021).

Saat ini, menurut Johnny, penerapan kebijakan tersebut sudah dilaksanakan di sekitar 250 lokasi terdiri atas mal, restoran, bank, rumah sakit, hotel, dan perkantoran, terutama yang berada di wilayah PPKM level 4.

Pemerintah terus melaksanakan perluasan cakupannya, dengan cara menggencarkan penggunaan aplikasi tersebut di fasilitas publik serta perbaikan protokol kesehatan.

“Diharapkan, pada akhir Agustus nanti terdapat 500 fasilitas umum yang menerapkan proses penyaringan ini,” tambahnya. Sementara, selama masa uji coba, tercatat lebih dari 5,1 juta pengguna memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi di pusat perbelang/mal.

Untuk tempat ibadah, Masjid Istiqlal telah melaksanakan sholat Jumat (20 Agustus) dengan mewajibkan jamaah menunjukkan sertifikat vaksin yang bisa diunduh lewat aplikasi Pedulilindungi.

Saat ini terdapat 28.627.905 pengguna yang telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi melalui Apps Store dan Google Play Store. Pemerintah melalui Kemenkominfo akan terus meningkatkan performa dari PeduliLindungi agar masyarakat tidak menemukan kendala penggunaan, dapat mempermudah serta memberikan rasa aman bagi masyarakat ketika beraktivitas.

Menteri Johnny menegaskan, bahwa keamanan dari pengguna PeduliLindungi adalah prioritas pemerintah. Karena itu, aplikasi ini terus dimutakhirkan agar keamanan data pribadi masyarakat selalu tersimpan dengan aman.

“Kami mengimbau masyarakat untuk segera mengunduh aplikasi karya anak bangsa ini. Mari kita manfaatkan PeduliLindungi sebagai wujud kepedulian kita akan perlindungan diri dan orang-orang tercinta. Dengan langkah sederhana ini, semua orang dapat berkontribusi dalam pengendalian pandemi,” tandasnya. (jpg)

Tags :
Kategori :

Terkait