Lagi, Pasien Covid-19 Meninggal di Perjalanan ke IGD RSUD Kota Tasik

Selasa 24-08-2021,12:47 WIB
Reporter : agustiana

radartasik.com KOTA TASIK — Kasus pasien Covid-19 meninggal dunia di mobil ambulans saat dalam perjalanan menuju Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, kembali terjadi, Selasa (24/08/21).

Jenazah pasien tersebut saat tiba di RSUD langsung dibawa ke ruang isolasi Covid-19, untuk dipulasara oleh petugas kamar jenazah dengan protokol kesehatan (Prokes).

Pasien tersebut berinisial SB (62), warga Kelurahan Kersamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasik. 

SB meninggal dunia saat berada di dalam mobil ambulans 119. 

SB yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes antigen ini, tadinya akan dirujuk dan dibawa ke RSUD dr Soekardjo, setelah menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumahnya. 

Kondisi kesehatan pasien yang semakin memburuk saat menjalani Isoman, akhirnya memaksa keluarga meminta bantuan kepada petugas 119  puskesmas setempat untuk merujuk pasien. 

Namun nyawa pasien tak tertolong saat dalam perjalanan menuju rumah sakit. 

Dengan menggunakan APD lengkap, sejumlah petugas masuk ke ruang isolasi sembari membawa peti jenazah dan sejumlah peralatan untuk memulai pemulasaraan.

Menurut petugas pemulasaraan jenazah RSUD, Dona Darmawan, pihaknya mendapatkan informasi dari petugas IGD RSUD adanya pasien yang meninggal dunia yang akan dirujuk dengan menggunakan mobil ambulans 119.

"Sebelum dirujuk pasien sempat menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Berdasarkan hasil tes antigen pasien positif Covid-19 dan akan dipulasara secara prosedur prokes," ujar Dona kepada radartasik.com.

“Menurut keterangan pihak keluarga, pasien positif Covid berdasarkan hasil tes antigen. Kemungkinan pasien meninggal saat diperjalanan ke IGD. Kurang tahu Isomannya berapa lama di rumahnya,” sambungnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya melalui Diskominfo, hari ini terdapat penambahan kasus baru yang terkonfirmasi sebanyak 30 orang, sembuh 73 orang, dan 1 meninggal dunia. Dengan total kasus aktif 252 orang.

Sebelumnya, kasus serupa pun sempat terjadi di Kota Tasikmalaya. Saat itu salah seorang pasien positif Covid warga Perum Cisalak, Cipedes, meninggal dunia saat di perjalanan menuju rumah sakit rujukan, beberapa waktu lalu. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)
Tags :
Kategori :

Terkait