Athletic Bilbao v Barcelona: Awas Terlalu Pede

Sabtu 21-08-2021,17:16 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, BILBAO — Barcelona akan melawan Athletic Bilbao pada pekan kedua La Liga dini hari nanti. Lawatan ke San Memes –Athletic Bilbao– bisa menjadi pertandingan sulit bagi raksasa Catalan.

Head to head kedua klub menunjukkan Barcelona hanya kalah satu kali dari tujuh pertandingan tandang liga terakhir mereka ke Bilbao. Kekalahan 0-1 melalui gol telat Aritz Aduriz tersebut terjadi 2019.

Tapi itu tidak bisa menjadi rujukan apalagi membuat Barca over convidence. Sebab, mereka kalah dari klub Basque di perempat final Copa del Rey 2019 dan takluk 2-3 di Piala Super Spanyol 2021.

Catatan skor duel mereka memang sangat ketat. Di luar kekalahan 4-0 Bilbao pada final Copa del Rey musim lalu, delapan pertemuan terakhir kedua klub selalu berakhir dengan selisih satu gol.

Tentu saja, kunjungan ke San Memes kali ini sangat berbeda. Lionel Messi yang hampir selalu menjadi mimpi buruk Bilbao sudah tidak ada lagi di tim Barca. Pada saat yang sama, fans Bilbao akan kembali memenuhi San Memes untuk membantu pasukan Marcelino Garcia Toral.

”Saya tahu San Mames akan mengaum. Meskipun hanya akan ada 20%, sekitar 11.000 penggemar, orang-orang yang masuk akan memberi kami dorongan itu. Ketika tim dan penggemar bersatu, kami sangat kuat,” kata penyerang Bilbao Inaki Williams di situs resmi klub.

”Kami ingin Anda menikmati permainan yang bagus dan bersemangat tentang tim ini. Tentunya tahun ini kami akan melakukan hal-hal penting. Mereka akan membantu kami dan dengan kerja keras kami akan mendapatkan sesuatu yang positif. Tim datang dengan sangat baik dan kami siap menghadapi rival apa pun,” tegas Williams.

Terkait kekuatan Barca setelah ditinggal Messi, Williams mengaku itu akan sangat berbeda. ”Tetapi itu tidak harus memengaruhi kami. Dia telah membuat kami mengalami banyak kerusakan, tetapi kami juga mengalahkan mereka dengan kehadirannya, seperti di semifinal Piala Super,” jelasnya.

Tuan rumah menjalani pramusim yang hebat. Sayangnya, mereka membuka musim ini dengan skor kacamata di markas Elche. Namun, Marcelino mengatakan dirinya sangat puas dengan satu angka tersebut.

Bagi eks pelatih Valencia tersebut, pertandingan resmi pertama memang selalu sulit apalagi mereka harus memainkannya di luar kandang. ”Kami ingin menang, tapi tidak bisa. Saya puas, meskipun saya akan lebih puas dengan kemenangan,” ujarnya.

Marcelino pun optimis timnya bisa menunjukkan performa yang lebih bagus, dini hari nanti. ”Kami bisa menjadi lebih baik dan kami selalu ingin menjadi lebih baik. Kami akan bekerja untuk itu,” tegas dia.

Bilbao memiliki masalah di sektor bek kanan di mana Oscar de Marcos, Ander Capa, dan Alex Petxarroman mengalami cedera. Merujuk pada pertandingan terakhir, Inigo Lekue sepertinya akan menjadi pilihan Marcelino untuk posisi ini. Di lini lain, Bilbao tidak memiliki masalah.

Membuka musim dengan penampilan impresif dan kemenangan 4-2 atas Real Sociedad, Barca sementara itu berharap hasil bagus mereka berlanjut di San Memes. Tapi Pelatih Barcelona, Ronald Koeman sedikit cemas dengan barisan belakangnya. 

”Pertahanan kami bagus, tapi di akhir pertandingan kami kurang konsentrasi di beberapa pertandingan,” kata Koeman di Marca.

Kekhawatiran Koeman bisa lebih besar lantaran bek senior mereka, Gerard Pique kemungkinan akan absen di pertandingan ini. Pique mengalami ketidaknyamanan di betisnya setelah pertandingan melawan Sociedad dan tim medis Barcelona merekomendasikan dia beristirahat selama akhir pekan untuk pemulihan.

Berkaca pada cedera berkepanjangan Pique musim lalu, istirahat mungkin merupakan pilihan terbaik untuk bek tengah Catalan itu. Dengan demikian, Koeman yang juga masih kehilangan kiper utama, Marc Andre ter Stegen terpaksa harus kembali memainkan Ronald Araujo atau Clement Lenglet untuk mendampingi Eric Garcia.

Tags :
Kategori :

Terkait