Isoter Percepat Pemulihan Pasien Covid

Minggu 15-08-2021,18:30 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengajak masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk melakukan isolasi terpusat (isoter) di tempat yang telah disediakan pemerintah. Karena, di lokasi isoter pasien langsung dalam pengawasan tenaga kesehatan.

Ajakan tersebut disampaikan saat ia rapat penanganan pandemi Covid-19 bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Medan, Sumatera Utara, Sabtu (14/08/2021).

Menurut Kapolri, tempat isoter disediakan pemerintah untuk membantu masyarakat yang menjalani isolasi mandiri agar lebih aman dan nyaman karena diawasi petugas kesehatan.

Menjalani isolasi di fasilitas isoter dapat melindungi keluarga dan kerabat dari paparan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

”Isoter dilengkapi dengan segala fasilitas yang membuat masyarakat merasa nyaman dan tenang sehingga pemulihan bakal cepat terjadi,” ujarnya dalam keterangannya dilansir laman Resmi Polri, Minggu (15/08/2021).

Mantan Kabareskrim ini mendorong Forkopimda Medan dan daerah-daerah di Indonesia menambah jumlah lokasi isoter.

Caranya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa isolasi di fasilitas isoter lebih baik untuk percepatan pemulihan.

”Menambah tempat tidur di fasilitas isolasi terpadu dengan memanfaatkan balai diklat, GOR, dan gedung sekolah,” ujarnya.

Sigit juga mengingatkan agar Forkopimda, termasuk Forkopimda Medan, menjaga momentum pertumbuhan perekonomian di tengah pandemi dengan tetap menerapkan strategi pengendalian penyebaran Covid-19.

Ia menyampaikan ekonomi Indonesia saat pandemi ini tumbuh sebesar 7,07 persen. Sedangkan perekonomian Sumatera Utara mulai tumbuh sekitar 4,94 persen.

”Momentum pertumbuhan ekonomi ini harus kami jaga dengan kesehatan sebagai modal dasar. Jika kasus positif Covid-19 bisa ditekan, pertumbuhan ekonomi dapat kembali berjalan normal,” ujarnya. (gw/fin)
Tags :
Kategori :

Terkait