Yusuf Diminta Bikin Terobosan Ekonomi untuk Warga Kota Tasik

Sabtu 14-08-2021,11:30 WIB
Reporter : syindi

radartasik.com, INDIHIANG — Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Aslim menyarankan Pemkot Tasikmalaya melakukan terobosan untuk memulihkan ekonomi, karena kondisi saat ini omzet pelaku usaha dan daya beli masyarakat mengalami penurunan.

“Nah itu harus cepat tanggap dan ada solusinya,” kata Aslim saat dihubungi, Jumat (13/8/2021).

Pemulihan ekonomi, kata Aslim, khususnya untuk meningkatkan kembali omzet pelaku usaha dan daya beli masyarakat harus dilakukan oleh Plt Wali Kota H M Yusuf, apalagi setelah definitif nanti.

“Mudah-mudahan cepat definitifnya, sehingga segera ada terobosan dalam pemulihan ekonomi saat ini,” kata dia menuturkan.

Peningkatan ekonomi, kata Aslim, harus menjadi tanggung jawab bersama. Itu nantinya akan dikoordinasikan antara legislatif dan eksekutif. “Itu akan dibicarakan nanti,” kata politisi Partai Gerindra ini.

Aslim menjelaskan, saat ini semua sektor terdampak akibat pandemi. Jadi tidak hanya sektor UMKM. Makanya harus ada pembicaraan yang serius. “Paling tidak saat ini ekonomi tidak betul-betul mati di Kota Tasikmalaya,” ujarnya berharap.

Aslim juga menginginkan dinas terkait bergerak lebih cepat dalam peningkatan ekonomi masyarakat ini. “Apapun programnya harus segera ditingkatkan ekonomi masyarakat ini,” kata Aslim.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan, sebelumnya, mengaku sudah menugaskan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan untuk menindaklanjuti menurunnya daya beli masyarakat dan omzet penjualan para pedagang dan produk unggulan Kota Tasikmalaya.

“Tindak lanjut itu sudah dilaksanakan dengan pelatih pemasaran secara online dan memang saat ini terlihat transaksi online sendiri meningkatkan dibandingkan dengan sebelum adanya pandemi,” kata Ivan, Rabu (11/8/2021).

Pemerintah Kota Tasikmalaya juga, kata Ivan, akan langsung melakukan monitoring untuk mengetahui seperti apa dan bagaimana upaya meningkatkan kembali daya beli masyarakat dan meningkatkan omzet penjualan. “Termasuk melihat hasil dari pelatihan pemesanan secara online, apakah mereka sudah bisa atau belum,” ujar dia.

Sekda menginginkan, Dinas KUMKM Perindag bisa memfasilitasi proses pemasaran produk-produk unggulan Kota Tasikmalaya secara online kepada para pedagang di Kota Tasikmalaya.

“Saya minta tolong para pedagang difasilitasi dalam penjualan online ini,” kata dia.

Sekda juga mengimbau, seluruh masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) di Kota Tasikmalaya menggunakan produk UMKM Kota Tasikmalaya, bila diperlukan, khusus kerajinan. (ujg)
Tags :
Kategori :

Terkait