Persiapan Tak Ideal, Persib Berani Targetkan Juara

Rabu 11-08-2021,22:15 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, BANDUNG — Persib Bandung tetap menargetkan juara Liga 1 musim 2021/2022, kendati persiapan tim tidak ideal akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Klub berjuluk Maung Bandung ini memiliki waktu latihan cuma dua hingga tiga pekan menjelang bergulirnya Liga 1. Idealnya, mereka mempunyai waktu persiapan selama empat pekan sebelum menghadapi kompetisi.

Persib sempat menghentikan sesi latihan karena tidak diizinkan menggunakan Stadion GBLA untuk berlatih selama masa PPKM Darurat. Sebagai gantinya, para pemain hanya diwajibkan menjalani latihan mandiri.

Kebugaran pemain dipastikan anjlok karena intensitas latihan mandiri dengan tim berbeda. Hal inilah yang membuat Persib membutuhkan waktu persiapan selama empat pekan untuk melanjutkan program persiapan menghadapi kompetisi.

Situasi ini tak ayal menjadi semacam tantangan bagi Persib, terutama untuk bisa mengulang pencapaian mereka pada musim 2020.

Dalam kiprahnya di Liga 1 2020, Maung Bandung berhasil menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga awal yang dilakoni. Karena wabah virus Corona, kompetisi terpaksa dihentikan.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengatakan situasi yang dialami Persib di musim 2020 berbeda dengan saat ini.

Menurut pelatih asal Belanda itu, start sempurna Maung Bandung diperoleh karena persiapan yang ideal selama pramusim.

Adapun pada tahun 2021, persiapan yang dilakoni Persib berbanding jauh dengan yang terjadi pada musim sebelumnya.

Masa persiapan beberapa kali terganggu karena adanya penundaan kompetisi hingga terkendala masalah izin menggunakan stadion untuk berlatih selama masa PPKM Darurat.

”Jadi, kami tidak bisa membandingkannya, waktu itu (musim 2020) kami memiliki masa pramusim yang bagus, membangun tim dengan bagus, dan juga memulai liga dengan tiga kemenangan,” kata dia.

”Itu sudah berubah, kini bahkan pemain belum berkumpul bersama, masih ada yang berada di luar negeri dan juga banyak yang berada di luar Bandung,” tutur pelatih 66 tahun itu.

Kendati demikian, Robert tidak mau anak asuhnya menyerah dengan keadaan. Meski persiapan minim, Persib harus bisa memaksimalkannya, tetap fokus dalam mengejar target juara di kompetisi.

Robert tampaknya cukup yakin dengan potensi Persib menjadi penantang gelar juara paling potensial di Liga 1 2021.

Penyebabnya, selain karena memiliki kedalaman skuat yang mumpuni, motivasi para pemain pun masih terjaga dengan baik.

Menurut dia, motivasi dari Supardi Nasir dkk kembali tumbuh setelah mendengar kabar kompetisi akan digelar dalam waktu dekat.

Tags :
Kategori :

Terkait