Kritik Habis Pemerintah Soal PCR Jadi Syarat ke Mall, dr Tirta : Mau Dagang PCR?

Rabu 11-08-2021,17:35 WIB
Reporter : radi

Radartasik.com, JAKARTA - Influencer sekaligus relawan Covid-19, Dokter Tirta Mandira Hudhi mempertanyakan beberapa persyaratan yang wajib dimiliki atau ditunjukkan warga yang ingin berjunjung ke pusat perbelanjaan atau mall. Seperti harus sudah divaksin dua kali dan menunjukkan hasil tes swab PCR atau antigen bagi yang belum divaksin. 
 
Melalui akun Instragram resmi miliknya @dr.tirta, dr. Tirta mengatakan bahwa fungsi PCR adalah untuk tracing terkait Covid-19, bukan untuk ke mall.  
 
"Anda anda ini tau ga fungsi PCR apa? Ya buat test tracing. Malah jadi syarat A I U E O," sindir dr. Tirta di akun instragramnya, Selasa (10/08/2021)

"Di Jakarta PCR dijadikan syarat masuk mall. Kesehatan buat semua rakyat, katanya. Yoi ga @Kemendag? Mau dagang pcr apa gmana," sindir dr. Tirta lagi.

Pria asal Yogyakarta ini menilai dari pada menghabiskan stok PCR buat ke mall, justru akan lebih baik jika disebar PCR-nya ke luar Jawa. Pasalnya PCR di luar Jawa susah diakses masyarakat. Bahkan disebutkan bahwa PCR di luar Jawa bisa memakan waktu 5-14 hari hasilnya baru keluar. Selain itu  hingga saat ini harga PCR dan antigen masih tergolong mahal, yaitu Rp 850.000 untuk PCR dan 235.000 untuk tes antigen. 

"Di Jakarta PCR buat syarat masuk mall. Anda kapan-kapan ngopi. Bisa vidcall sama pasien saya, jadi tau susahnya PCR di luar jawa," tulisnya. 

Sebelumnya, Menteri Perdagangan M. Lutfi mengungkapkan hal tersebut saat berkunjung ke Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (10/08/2021). 

"Kalau mau leluasa ya dia mesti pakai antigen. Jadi sekarang ini persyaratannya vaksin, dan PCR dan atau antigen baru bisa masuk mall," kata Lutfi. 

Mendag Luthfi yakin, tes swab PCR atau antigen bisa menjadi salah satu indkator seseorang sehat sehingga diperbolehkan masuk mall. (genpi/bbs)

Tags :
Kategori :

Terkait