3.700 Nakes Kota Tasik Terima Vaksin Booster

Senin 09-08-2021,09:33 WIB
Reporter : agustiana

radartasik.com, KOTA TASIK - Sebanyak 3.700 tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Tasikmalaya dari total 4.000 nakes akan mendapatkan vaksin moderna sebagai booster (dosis ketiga).

Pemerintah Kota (Pemkot) Tasik telah menerima distribusi vaksin Moderna sekitar 267 vial atau 3.700 dosis. 

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra kepada radartasik.com, Senin (09/08/21).

"Sementara ini yang dapat booster hanya Nakes. Masyarakat umum belum. Karena ketersediaan vaksin kita masih terbatas," paparnya.

Terang dia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memberi peringatan kepada negara-negara untuk tidak menyuntikkan booster vaksin kepada masyarakat umum. 

Asep mencontohkan, di Indonesia terdapat sekitar 208 juta penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi. 

Namun, baru sekitar 40 juta penduduk yang mendapat dosis pertama. Sementara penduduk yang menerima dua dosis vaksin Covid-19 baru sekitar 23 juta jiwa.

Sementara itu di Kota Tasik, beber Asep, dari total sasaran 560.243 jiwa, baru 110.621 jiwa yang mendapat vaksinasi dosis pertama. Sedangkan yang mendapat vaksinasi dosis kedia baru 66.540 jiwa.

"Masih banyak sasaran yang belum vaksinasi. Kalau booster diberikan kepada masyarakat umum, itu sama saja mengambil dosis orang yang belum mendapatkan vaksinasi," bebernya.

Asep menambahkan, booster vaksin tidak dilakukan untuk masyarakat umum. Sementara ini, hanya Nakes yang didahulukan. 

Alasannya karena nakes yang menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi, justru banyak yang meninggal akibat Covid-19.

"Di kami kan ada sekitar 4 ribu nakes. Namun yang dikirim hanya 3.700 dosis. Kita berikan ke nakes yang dapat diberikan dulu," jelasnya. (rezza rizaldi / radartasik.com)
Tags :
Kategori :

Terkait