Valentino Rossi Akan Selalu Dikenang

Jumat 06-08-2021,21:12 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, FAJAR — Tak bisa dinafikan, di balik melejitnya pamor MotoGP pada dua dekade terakhir tidak bisa lepas dari kehadiran sang legenda Valentino Rossi. Karena itu, The Doctor dan MotoGP sudah menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan Subhan Aksa mengatakan Valentino Rossi menjadi salah satu pembalap tersukses sepanjang masa. 

”Rossi sudah merasakan balapan dengan berbagai generasi motor dan generasi pembalap,” ujar dia kepada FAJAR, Jumat, 6 Agustus 2021.

Subhan menjelaskan, Rossi merupakan sosok rider sejati yang ikonik. Bahkan, beberapa pembalap yang tampil di MotoGP masih berstatus junior kala itu dan nama Rossi sudah harum di arena MotoGP.

Seperti Marc Marquez sang rival yang sesungguhnya diam-diam mengidolai sosok pembalap asal Italia itu.

”Yang menjadi kelebihan Rossi adalah karena dia masih bisa kompetitif selama itu dan itu bukti ketangguhannya. Karena, banyak pembalap tidak bisa sekencang itu selama puluhan tahun, tetapi Rossi bisa,” jelas dia.

Salah satu yang jadi alasan MotoGP begitu dinikmati juga tak bisa lepas dari Rossi. Nama Rossi masih begitu digdaya di panggung MotoGP. Meski penampilannya masih inkonsisten, pesona Rossi, kata dia, belum sepenuhnya meredup.

”Sosok yang sangat sulit dilupakan. Pencinta MotoGP pasti merasakan itu,” katanya.

Selain itu, Rossi punya cara tersendiri untuk menciptakan drama bersama tunggangannya di atas sirkuit. Itulah yang membedakan dirinya dengan para rivalnya, terutama dalam urusan berburu gelar. Rossi punya definisi tersendiri apa itu juara sejati.

”Yang membuat namanya tak pernah mati, kendati gelar kian sulit terealisasi. MotoGP akan berbeda tahun depan tetapi sudah menjadi kesatuan kalau motoGP adalah Rossi, dan itu butuh bertahun-tahun untuk dilupakan,” katanya.

Terakhir kali Rossi menjadi juara dunia pada musim 2009. Dan, pada musim 2021 yang jadi petualangan akhir Rossi, masih ada kesempatan 10 seri yang membuat peluangnya naik podium masih terbuka lebar.

”Saya telah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini jadi sayangnya ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP,” ujar Rossi dalam jumpa pers resmi.

”Itu sulit. Ini momen yang menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan melakukannya balapan dengan sepeda motor,” kata Rossi. (rdi/fjr)
Tags :
Kategori :

Terkait