Kisruh Suporter Final Euro, UEFA Siapkan Sanksi Baru Buat FA

Kamis 05-08-2021,01:01 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, JAKARTA — Kisruh suporter pada laga final Euro 2020 di Stadion Wembley masih berbuntut. Kali ini The Union of European Football Associations (UEFA) bersiap menjatuhkan sanksi baru kepada Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Final Euro 2020 menimbulkan kerusakan karena terjadinya bentrokan pendukung dan ofisial di dalam Stadion Wembley. Beberapa malah melanggar penjagaan keamanan dan tanpa tiket.

UEFA telah melakukan investigasi kasus indisipliner dalam dua hari setelah final dan FA terkena empat dakwaan atas penyerangan di lapangan oleh pendukung, pelemparan benda, dan mengganggu lagu kebangsaan negara lain.

FA juga didenda 30.000 euro karena masalah penonton yang menyorot laser pointer ke arah kiper Denmark Kasper Schmeichel saat Inggris menang atas Denmark di semifinal.

”Menyusul penyelidikan yang dilakukan Inspektur Etika dan Disiplin UEFA, proses disipliner telah dibuka terhadap Asosiasi Sepak Bola Inggris atas kemungkinan pelanggaran Pasal 16 (2) (h) Peraturan Disiplin UEFA karena kurangnya ketertiban atau disiplin oleh para pendukungnya,” kata UEFA dalam sebuah pernyataan, Rabu (04/08/2021).

Bulan lalu, FA menugaskan peninjau independen untuk menghindari terulangnya peristiwa memalukan di Wembley. (pa/fin)
Tags :
Kategori :

Terkait