Obat Gratis Bantuan Presiden untuk Tasikmalaya Didistribusikan, Kota Prioritas

Jumat 23-07-2021,07:37 WIB
Reporter : agustiana

radartasik.com, KOTA TASIK - Aparat TNI di wilayah Tasikmalaya mulai mendistribusikan bantuan obat gratis untuk pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Bantuan itu merupakan program langsung dari presiden.

Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 0612/Tasikmalaya, Mayor Inf Candra Suhendra mengatakan, bantuan obat gratis itu sudah sampai di Tasikmalaya sejak pekan lalu. 

Obat itu dikirimkan langsung dari pemerintah pusat melalui TNI. 

"Prosedurnya itu melalui pemerintah disalurkan kepada TNI melalui Kodam, lalu ke Korem. Di Korem di kumpulkan di Denkes Garut, lalu didorong ke Kodim," katanya kepada wartawan, Jumat (23/07/21) pagi.

Terang dia, Kodim telah memiliki data pasien Covid-19 yang melakukan isoman. 

Obat gratis itu kemudian disalurkan melalui Koramil, untuk disalurkan langsung kepada pasien isoman di wilayah mereka masing-masing. 

"Nanti di Koramil disalurkan melalui babinsa. Kita bekerja sama dengan puskesmas untuk mengetahui kondisi pasien, baru kita salurkan kepada pasien isoman ke rumahnya masing-masing," terangnya.

Beber dia, sejauh ini yang sudah didistribusikan sebanyak 1.355 paket obat gratis ke 25 koramil di wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Pendistribusian dibagi menjadi dua tahap. 

Tahap pertama, terdapat obat paket 2 sebanyak 166 paket dan obat paket 3 sebanyak 166 paket. 

Sementara tahap kedua, didistribusikan obat paket 1 sebanyak 136 paket, 647 obat paket 2, dan 240 obat paket 3.

Candra menambahkan, hingga saat ini tak ada kendala dalam penyaluran obat gratis untuk pasien isoman. 

Namun, belum semua pasien isoman dapat obat gratis ini karena datangnya obat secara bertahap.

"Karena ini masih bertahap, belum semua pasien isoman dapat diberi obat. Kita menyesuaikan dengan suplai dari denkes," tambahnya.

Jelas dia, wilayah yang diprioritaskan adalah Kota Tasikmalaya. Sebab, berdasarkan data, pasien terkonfirmasi Covid-19 lebih banyak di wilayah Kota Tasikmalaya dibanding Kabupaten Tasikmalaya. (rezza rizaldi / radartasik.com)
Tags :
Kategori :

Terkait