Soal PPKM, Mendagri: Jangan Eksesif Tapi Tegas

Minggu 18-07-2021,21:15 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta penegakan hukum dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus tegas, namun humanis dan tetap manusiawi.

Pesan presiden disampaikan Mendagri Tito Karnavian. Dia memberikan penekanan yaitu agar dilakukan dengan cara tidak berlebihan namun tegas.

Ia menjelaskan pemberlakuan PPKM dimaksudkan untuk keselamatan masyarakat. Meski demikian, pihaknya tidak membenarkan adanya upaya kekerasan dalam pendisiplinan masyarakat.

”Perlu dilakukan langkah tegas, tapi tidak berlebihan, tidak menggunakan kekerasan, eksesif,” tegasnya lewat keterangan resmi, Minggu (18/07/2021).

Aparat penegak hukum maupun Satpol PP sebagai penegak peraturan daerah harus menjalankan profesinya sesuai kode etik dan nilai-nilai kemanusiaan. Ia pun berharap kasus yang terjadi di Gowa, Sulawesi Selatan, tak kembali terjadi.

”Tapi jangan sampai mengurangi moril teman-teman, karena ini risiko kita bekerja. Yang penting jaga, jangan sampai emosi,” pesannya.

Guna meminimalisasi penegakan hukum yang tak mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, pihaknya telah melaksanakan rapat dengan kepala Satpol PP seluruh Indonesia.

Tito menggarisbawahi, pelaksanaan PPKM dilakukan sebagai komitmen pemerintah menyelamatkan masyarakat. Meski terdapat pembatasan yang tak mengenakan, aturan dalam kebijakan PPKM tetap harus dilakukan.

Penegakan hukum juga diperlukan guna mendisiplinkan masyarakat. Meski demikian, cara-cara humanis dan menjunjung tinggal nilai dan moral, mesti dikedepankan. (khf/fin)
Tags :
Kategori :

Terkait