Euro 2020: Selain Sedikit Kontak, Ini Alasan Lain Penalti Kontroversi

Kamis 08-07-2021,12:15 WIB
Reporter : ocean

Radartasik.com, LONDON — Keputusan wasit Danny Makkelie asal Belanda memberikan penalti kepada Inggris mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan.

Maklum saja, tendangan dua belas pas itu membuat langkah Denmark terhenti di semifinal Euro 2020. Sementara Inggris melaju ke final. Di fase puncak, Inggris akan menjamu Italia.

Legenda Manchester United Roy Keane, misalnya. Dia menuduh wasit Danny Makkelie asal Belanda membantu Inggris menang dengan hadiah penalti.

Kepada ITV, Roy Keane menegaskan kalau insiden di babak extra time itu tidak pantas diganjar penalti. Alasannya, kontak yang terjadi pada Raheem Sterling sangat minim.

”Saya tidak berpikir itu penalti. Sangat, sangat lembut,” kata Roy Keane dikutip dari BBC Live.

Mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger menilai keputusan wasit Danny Makkelie memberikan penalti kepada Inggris adalah keputusan yang salah.

Wenger menilai bahwa Sterling telah melakukan diving. ”Tidak ada penalti. Pada saat genting seperti itu, dia (wasit) harus benar-benar membuat keputusan yang tepat,” ungkap Wenger.

Football Italia melansir sejumlah pihak menganggap Raheem Sterling melakukan diving di dalam kotak penalti karena winger Manchester City ini hanya terlibat kontak kecil dengan full-back Denmark Joakim Maehle.

Selain itu terdapat dua bola di lapangan sebelum terjadinya insiden tersebut di laga ini, sehingga wasit seharusnya menghentikan permainan bukan malah melanjutkannya.

Meski sudah mengecek video assistant referee (VAR), Danny Makkelie yang menjadi pengadil di laga itu tetap mengesahkan penalti tersebut.

Penalti langsung di eksekusi oleh Harry Kane. Meski gagal menjebol gawang Denmark lewat titik putih, Kane tetap bisa catatkan namanya di papan skor usai bola tepisan Kasper Schmeichel jatuh tepat di depan kapten Inggris tersebut.

Gol itu memastikan kemenangan Inggris atas Denmark di laga dini hari tadi dengan keunggulan 2-1. Namun, catatan The Three Lions menuju final Euro 2020 sedikit tercemar oleh adanya penalti kontroversial itu. (sportbible/footballitalia/jpnn)
Tags :
Kategori :

Terkait