Hj Rukmini Didaulat Jadi Bunda Daerah

Jumat 02-07-2021,14:30 WIB
Reporter : syindi

RADARTASIK.COM, BUNGURSARI — Meski Plt Wali Kota Tasikmalaya H Muhamad Yusuf belum dilantik secara definitif. Namun, Hj Rukmini Yusuf telah resmi dilantik sebagai Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Bunda Genre, Bunda Literasi dan Bunda Forum Anak Daerah (FAD) yang dilaksanakan secara virtual di kediamannya di Perum Garunggang, Indihiang, Kamis (1/7/2021).

Pelantikan tersebut dilakukan langsung Ketua Forikan, Bunda Genre, Literasi dan FAD Jawa Barat Atalia Praratya dari Aula Dewi Sartika Bandung.

Dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Jawa barat dan Rapat Kerja Daerah Tim Penggerak PKK Tahun 2021, di Aula Dewi Sartika Kota Bandung.

“Kami berharap, para ketua dan bunda daerah baru bisa bersinergi dengan program-program prioritas di masa pandemi Covid-19 ini, baik program nasional atau pun di daerah,” kata disela melantik 27 bunda daerah, Kamis (1/7/2021).

Menurut dia, sebagai Ketua Forikan baru di daerah, Hj Rukmini Yusuf harus berkomitmen meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. melalui konsumsi dan budidaya ikan. Kemudian siap menjadi contoh bagi siapa pun di daerah, dalam mengkampanyekan gerakan makan ikan.

“Kemudian sebagai bunda genre juga, harus mampu mendorong program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja atau generasi berencana, melalui semangat 21 25 keren. Mengantarkan remaja terhindar dari risiko perilaku seks bebas, pernikahan usia dini, napza menuju Indonesia emas 2045,” kata Atalia.

Tidak hanya itu, lanjut Atalia, sebagai Bunda Literasi di daerah, Hj Rukmini Yusuf diharapkan siap mendorong peran keluarga dan masyarakat dalam mengembangkan gemar membaca dan literasi, di lingkungan. Siap mendorong pemberdayaan perpustakaan keluarga, perpustakaan umum dan sekolah, untuk mewujudkan masyarakat literat.

“Saudari juga diharapkan bisa meningkatkan peran serta stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung gerakan literasi lewat pemberdayaan perpustakaan,” harapnya.

Hj Rukmini yang juga dikukuhkan sebagai Bunda Forum Anak Daerah (FAD) Kota Tasikmalaya mengaku siap untuk membangun, membina dan memajukan anak daerah melalui forum tersebut. Memajukan anak agar sejahtera lahir dan batin di Jawa Barat.

“Kami bertekad, bersungguh-sungguh mewujudkan kota layak anak menuju Provinsi Layak Anak dan menjadi rumah ramah anak sehingga anak-anak kita terlindungi dan terjamin,” tekadnya. (igi)
Tags :
Kategori :

Terkait